Jumat, 13 November 2015

Berkerjasama Dalam Team ( Kelompok )

1.    Pengertian dan Karakteristik Kelompok

Pengertian Kelompok

Kelompok adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mereka saling bergantung (interdependent) dalam rangka memenuhi kebutuhan dan tujuan bersama, meyebabkan satu sama lain saling memengaruhi (Cartwright&Zander, 1968; Lewin, 1948). 

Menurut Muzafer Sherif, Kelompok sosial adalah kesatuan sosial yang terdiri dari dua atau lebih individu yang telah mengadakan interaksi sosial yang cukup intensif dan teratur, sehingga di antara individu itu sudah terdapat pembagian tugas, struktur dan norma-norma tertentu.

* Seseorang yang sama-sama berada di suatu tempat (perpustakaan, halte bus, dll) tetapi tidak berinteraksi dan memiliki tujuan sendiri-sendiri bukan termasuk kelompok, melainkan “agregat”.

Mengapa Orang bergabung dalam Kelompok?

Ternyata kelompok ada manfaatnya, yaitu:
a.     Orang-orang lain menjadi sumber informasi yang sangat penting

b.     Kelompok juga menjadi bagian penting dari identitas kita, yang mendefinisikan siapa diri kita.

c.      Kelompok membantu menegakan norma social, aturan, yang eksplisit atau implicit mengenai prilaku yang dapat diterima.

Karakteristik Kelompok:

1.      Terdiri dari dua orang atau lebih dalam interaksi sosial baik secara verbal maupun non verbal.

2.      Anggota kelompok harus mempunyai pengaruh satu sama lain supaya dapat diakui menjadi anggota suatu kelompok

3.     Mempunyai struktur hubungan yang stabil sehingga dapat menjaga anggota kelompok secara bersama dan berfungsi sebagai suatu unit

4.      Anggota kelompok adalah orang yang mempunyai tujuan atau minat yang sama.

5.     Individu yang tergabung dalam kelompok, saling mengenal satu sama lain serta dapat membedakan orang-orang yang bukan anggota kelompoknya.

2. Tahap-tahap Pembentukan Kelompok

Model pembentukan suatu kelompok pertama kali diajukan oleh Bruce Tackman (1965). Teori ini dikenal sebagai salah satu teori pembentukan kelompok yang terbaik dan menghasilkan banyak ide-ide lain setelah konsep ini dicetuskan.

> Tahap 1 – Forming:
Pada tahap ini kelompok baru saja dibentuk dan diberikan tugas. Anggota kelompok cenderung untuk bekerja sendiri dan walaupun memiliki itikad baik namun mereka belum saling mengenal dan belum saling percaya.

> Tahap 2 – Storming:
Kelompok mulai mengembangkan ide-ide berhubungan dengan tugas-tugas yang mereka hadapi. Mereka membahas isu-isu semacam masalah yang harus mereka selesaikan. Anggota kelompok saling terbuka dan mengkonfrontasi ide-ide dan perspektif mereka masing-masing. Pada beberapa kasus, tahap storming cepat selesai. Namun ada pula yang mandek pada tahap ini.

> Tahap 3 – Norming:
Terdapat kesepakatan dan konsensus antara anggota kelompok. Peranan dan tanggung jawab telah jelas. Anggota kelompok mulai dapat mempercayai satu sama lain seiring dengan mereka melihat kontribusi masing-masing anggota untuk kelompok.

> Tahap 4 – Performing:
Kelompok dalam tahap ini dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lancar dan efektif tanpa ada konflik yang tidak perlu dan supervisi eksternal. Anggota kelompok saling bergantung satu sama lainnya dan mereka saling respect dalam berkomunikasi.

> Tahap 5 – Adjourning dan Transforming:
Tahap dimana proyek berakhir dan kelompok membubarkan diri. Kelompok bisa saja kembali pada tahap mana pun ketika mereka mengalami perubahan.

3.    Pengertian Team Work 

Pengertian team work adalah sebuah sistem pekerjaan yang dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang direncanakan bersama. Kerja sama dalam tim kerja menjadi sebuah kebutuhan dalam mewujudkan keberhasilan kinerja dan prestasi kerja. Kerja sama dalam tim kerja akan menjadi suatu daya dorong yang memiliki energi dan sinergisitas bagi individu-individu yang tergabung dalam kerja tim. Komunikasi akan berjalan baik dengan dilandasi kesadaran tanggung jawab tiap anggota.

Tracy (2006) menyatakan bahwa  teamwork merupakan kegiatan yang dikelola dan dilakukan sekelompok orang yang tergabung dalam satu organisasi. Teamwork dapat meningkatkan kerja sama dan komunikasi di dalam dan di antara bagian-bagian perusahaan. Biasanya  team work beranggotakan orang-orang yang memiliki perbedaan keahlian sehingga dijadikan kekuatan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Pernyataan di atas diperkuat Dewi (2007) kerja tim (teamwork) adalah bentuk  kerja dalam kelompok yang harus diorganisasi dan dikelola dengan baik. Tim beranggotakan orang-orang yang memiliki keahlian yang berbeda-beda dan dikoordinasikan untuk bekerja sama dengan pimpinan. Terjadi saling ketergantungan yang kuat satu sama lain untuk mencapai sebuah tujuan atau menyelesaikan sebuah tugas. Dengan melakukan  teamwork diharapkan hasilnya melebihi jika dikerjakan secara perorangan.


Stephen dan Timothy (2008) menyatakan  teamwork adalah kelompok yang usaha-usaha individualnya menghasilkan kinerja lebih tinggi daripada jumlah masukan individual.  Teamwork menghasilkan sinergi positif melalui usaha yang terkoordinasi. Hal ini memiliki pengertian bahwa kinerja yang dicapai oleh sebuah tim lebih baik daripada kinerja perindividu di suatu organisasi ataupun suatu perusahaan.

Kekuatan Teamwork

Dalam sebuah tim yang dibutuhkan adalah kemauan untuk saling bergandeng-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama.
Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari teamwork. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipun terjadi perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu. Bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Makanya sangat penting untuk menyadari bahwa kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.

Berikut poin-poin teamwork yang baik:

-         Teamwork adalah kerjasama dalam tim yang biasanya dibentuk dari beragam divisi dan kepentingan.

-         Sama-sama bekerja bukanlah teamwork, itu adalah kerja individual.

-         Filosofi teamwork: ‘saya mengerjakan apa yang Anda tidak bisa dan Anda mengerjakan apa yang saya tidak bisa.

-         Ketika berada dalam teamwork, segala ego pribadi, sektoral harus  disingkirkan.

-         Dalam teamwork yang dikejar untuk dicapai adalah target bersama, bukan individual.

-         Keragaman individu dalam teamwork memang sebuah nilai plus namun bisa    menjadi minus jika tidak ada saling pengertian.

-         Saling pengertian terhadap karakter masing-masing anggota team akan menjadi  modal sukses bersama.

-         Jika setiap orang bekerjasama via bidang masing-masing, target korporasi pasti akan segera terealisasi.

-         Individu yang egois mengejar target pribadi akan menghambat keberhasilan team. Bayangkan jika si A mengejar target A dan si B mengejar target B, lalu target bersama bermuara kemana? 

-         Keahlian masing-masing sungguh menjadi anugerah dalam teamwork yang akan mempercepat proses pencapaian target.

-         Kendalikan ego dan emosi saat bersama agar pergesekan tidak berujung pada  pemboikotan kerjasama.

-         Dengan pemahaman yang tinggi soal karakter individu dalam team, realisasi target  tidak perlu waktu yang lama.

-         Ingatlah selalu bahwa: ‘teamwork makes the dream work’.

4.    Imperial Manajerial

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen.

Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu:

1.     Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan.

2.     Implikasi kebijakan meliputi sifat substansif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.

Implikasi manajerial ini dapat terlihat pada pembentukan team work pada suatu perusahaan. Perusahaan dapat mengefektifkan dan mengefesiensikan proses operasional usaha mereka melalui team work. Pemimpin perusahaan juga dapat lebih mudah mengontrol tenaga kerja mereka sehingga dapat memberikan apresiasi sesuai dengan hasil pencapaian baik secara umum melalui team work maupun secara khusus melalui anggota-anggotanya.

Power Point :


Sumber:  

-https://oktavya.wordpress.com/2010/10/01/pengertian-kelompok/



Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Komunikasi


1.     Pengertian dan Arti Penting Komunikasi

Pengertian Komunikasi & Arti Penting Komunikasi

Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa Inggris “communication”), secara etimologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa Latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis Dalam kata communis ini memiliki makna ‘berbagi’ atau ‘menjadi milik bersama’ yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.lingkungan di sekitarnya.

2.     Jenis dan Proses Komunikasi

Jenis Komunikasi

1.      Komunikasi Intrapribadi: Komunikasi intrapribadi (intrapersonal communication) adalah komunikasi dengan diri sendiri, baik kita sadari atau tidak. Misalnya berpikir.

2.      Komunikasi Antarpribadi: Komunikasi antarpribadi (interpersonal communication) adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, yang memungkinkan respon verbal maupun nonverbal berlangsung secara langsung.

3.      Komunikasi Kelompok (Kecil): Komunikasi kelompok merujuk pada komunikasi yang dilakukan sekelompok kecil orang (small-group communication).

4.      Komunikasi Publik: Komunikasi publik adalah komunikasi antara seorang pembicara dengan sejumlah orang (khalayak), yang tidak bisa dikenali satu persatu. Meliputi ceramah, pidato, kuliah, tabligh akbar, dan lain-lain. Ciri-ciri komunikasi publik adalah berlangsung lebih formal.

5.      Komunikasi Organisasi: Komunikasi organisasi (organizational communication) terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok.

6.      Komunikasi Massa: Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa cetak maupun elektronik yang dikelola sebuah lembaga atau orang yang dilembagakan yang ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar, anonim, dan heterogen. Pesan- pesannya bersifat umum, disampaikan secara serentak, cepat dan selintas.

Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah bagaimana komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat menciptakan suatu persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Proses komunikasi dapat terjadi apabila ada interaksi antara manusia dan ada penyampaian pesan untuk mewujudkan motif komunikasi.

Para ahli bahwa komunikasi yang efektif adalah pemahaman bersama antara orang yang menyampaikan pesan dan orang yang menerima pesan. Kata komunikasi berasal dari bahasa latin communis yang artinya “bersama”. Komunikator atau pengirim pesan, berusaha mencari “kebersamaan” dengan si penerima pesan. Karena itu, dapat didefinisikan komunikasi (communication) sebagai transisi informasi dan pemahaman melalui symbol-simbol bersama dari satu orang atau kelompok ke pihak lainnya. Simbol-simbol bersama yang digunakan dapat berwujud verbal ataupun nonverbal. Dalam konteks struktur organisasi, informasi dapat bergerak ke atas ataupun ke bawah (vertikal), bergerak melintang (horizontal), atau bergerak ke bawah dan melintang secara bersamaan (diagonal).

Model proses komunikasi kontemporer yang paling banyak digunakan dikembangkan oleh Shannon, Weaver, dan Schramm. Para peneliti ini berusaha mendeskripsikan proses umum komunikasi yang dapat digunakan untuk setiap situasi. Elemen-elemen dasar yang membentuk komunikasi mencangkup komunikator, pengkodean, pesan, media perantara, pengurai, penerima pesan, umpan balik dan suara derau.

3.     Komunikasi Efektif

Pengertian Komunikasi Efektif Menurut Para Ahli yang ambil dari berbagai sumber:

Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune”, yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan. Menurut Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Komunikasi menyebutkan, komunikasi yang efektif ditandai dengan adanya pengertian, dapat menimbulkan kesenangan, mempengaruhi sikap, meningkatkan hubungan sosial yang baik, dan pada akhirnya menimbulkan suatu tindakan. Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :

-          Menciptakan suasana yang menguntungkan.
-          Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
-          Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
-          Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
-          Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak komunikan.
Prinsip Dasar Komunikasi Efektif

1.      Respect (Respek) adalah Perasaan Positif atau penghormatan diri kepada lawan bicara.

2.      Empathy (Empati) adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada situasi atau kondisi yang tengah dihadapi orang lain. Anda mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, sehingga komunikasi akan terjalin dengan baik sesuai dengan kondisi psikologis lawan bicara Anda.

3.       Audible (Dapat Didengar) Audible mengandung makna pesan yang harus dapat didengarkan dan dimengerti. Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu :

o   Pertama, pesan harus mudah dipahami, menggunakan bahasa yang baik dan benar. Hindari bahasa yang tidak dipahami oleh lawan bicara.
o   Kedua, sampaikan yang penting. Sederhanakan pesan Anda. Langsung saja pada inti persoalan
o   Ketiga, gunakan bahasa tubuh Anda. Mimik wajah, kontak mata, gerakan tangan dan posisi badan bisa dengan mudah terbaca oleh lawan bicara Anda. Tunjukkan kesejatian Anda dengan mengoptimalkan bahasa tubuh dan pesan.
o   Keempat, gunakan ilustrasi atau contoh. Karena analogi sangat membantu dalam penyampaian pesan.

4.      Clarity (Jelas) adalah kejelasan dari pesan yang kita sampaikan. Salah satu penyebab munculnya salah paham antara satu orang dengan yang lain adalah informasi yang tidak jelas yang mereka terima.

5.      Humble (Rendah Hati) Sikap Rendah Hati bukan berarti Anda Rendah Diri, Rendah Hati memberikan kesempatan kepada orang lain untuk berbicara terlebih dahulu, dan Anda menjadi pendengar yang baik.

4.     Implikasi Manajeral

Komunikasi karyawan adalah komunikasi internal. Komunikasi internal menciptakan dan memelihara sistem komunikasi internal antara pemilik perusahaan dengan para karyawan. Garis komunikasinya dua arah, yaitu semua karyawan berpartisipasi secara bebas dalam sebuah pertukaran informasi. Komunikasi internal merupakan bagian yang penting dalam kehidupan kerja, karena komunikasi yang kurang baik dapat berdampak yang luas terhadap organisasi. Misalnya konflik antar karyawan maupun dengan perusahaan (manajemen) . Sebaliknya komunikasi yang baik dapat meningkatkan saling pengertian, kerjasama dan juga kepuasan kerja, mengingat karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan merupakan sekelompok sumber daya manusia dengan berbagai karakter, maka komunikasi yang baik antara perusahaan dengan karyawan sangat penting sehingga karyawan mengetahui tanggung jawab dan wewenangnya.

Power point  : 



Sumber :

Rabu, 21 Oktober 2015

Pengaruh Perekonomian Global Terhadap Perekonomian Indonesia


Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara. Sedangkan Globalisasi Perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuata pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.

Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara akan menjadi kabur dan keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional akan semakin erat. Globalisasi perekonomian di satu pihak akan membuka peluang pasar produk dari dalam negeri ke pasar internasional secara kompetitif, sebaliknya juga membuka peluang masuknya produk-produk global ke dalam pasar domestik. contoh nyata dari pengaruh globalisasi ini adalah adanya pasar bebas. Yaitu dengan tumbuhnya produk-produk luar negeri yang membuat produk Indonesia kalah saing dipasaran. Ini akibat dari orang-orang Indonesia yang berpikir bahwa produk-produk luar negeri lebih berkualitas baik daripada produk dalam negeri. Tanpa adanya pengembangan produk, sudah pasti produk mereka tidak akan bisa laku di pasaran. Terlebih sejak CAFTA (China Asia Free Trade Assosiation) diberlakukan, barang – barang dari China mulai membanjiri pasar Indonesia. Tidak hanya bentuk serta tampilan produk yang menarik, namun juga harga yang ditawarkan sangat murah bila dibandingkan dengan produk – produk buatan Indonesia. 

Bagi beberapa pelaku industri, terutama yang selama ini mengandalkan bahan baku import dari China, malah menjadi pihak yang diuntungkan atas masuknya Indonesia ke dalam pasar bebas Asia. Mereka bisa mendapatkan bahan baku dengan harga yang jauh lebih murah karena dilakukannya perjanjian penghapusan tarif import sehingga bisa menekan banyak biaya yang harus mereka keluarkan. Dengan mendapatkan bahan baku yang murah, maka secara otomatis kegiatan industri bisa semakin berkembang. Itu merupakan contoh positif dari pengaruh globalisasi pada perkembangan ekonomi Indonesia.

Dampak positif globalisasi antara lain:

-          Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor, dengan catatan produk ekspor Indonesia mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini membuka kesempatan bagi pengusaha di Indonesia untuk melahirkan produk-produk berkualitas, kreatif, dan dibutuhkan oleh pasar dunia.
-          Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri. Apabila investasinya bersifat langsung, misalnya dengan pendirian pabrik di Indonesia maka akan membuka lapangan kerja. Hal ini bisa mengatasi kelangkaan modal di Indonesia
-          Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di Indonesia
-          Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata, sehingga membuka lapangan kerja di bidang pariwisata sekaligus menjadi ajang promosi produk Indonesia.

Dampak negatif ekonomi di Indonesia :

-          Kemungkinan hilangnya pasar produk ekspor Indonesia karena kalah bersaing dengan produksi negara lain yang lebih murah dan berkualitas. Misalnya produk pertanian kita kalah jauh dari Thailand.  
-          Membanjirnya produk impor di pasaran Indonesia sehingga mematikan usaha-usaha di Indonesia. Misalnya, ancaman produk mainan Cina yang lebih murah bagi industri mainan di tanah air.
-          Ancaman dari sektor keuangan dunia yang semakin bebas dan menjadi ajang spekulasi. Investasi yang sudah ditanam di Indonesia bisa dengan mudah ditarik atau dicabut jika dirasa tidak lagi menguntungkan. Hal ini bisa memengaruhi kestabilan ekonomi.
-          Ancaman masuknya tenaga kerja asing (ekspatriat) di Indonesia yang lebih profesional SDMnya. Lapangan kerja di Indonesia yang sudah sempit jadi semakin sempit.

Maka dari itu sebaiknya kita sebagai warga Indonesia yang mencintai Indonesia wajib hukumnya untuk mendukung Indonesia agar bisa sejahtera. Misalnya dengan membeli produk dalam negeri karena pasar kita yang sudah tersaingi oleh pasar luar negeri di era globalisasi ini. Globalisasi membawa pengaruh positif terhadap Indonesia, tetapi tidak kalah juga dengan contoh yang telah disebutkan diatas dampak negatifnya. Dalam hal Globalisasi ini, peran pemerintah dalam suatu negara sangat diperlukan, mengingat segala aspek yang dilakukan adalah demi tercapainya suatu keadaan negara yang lebih baik.

Pemerintah perlu menyikapi kehadiran globalisasi disini secara intensif dan berkelanjutan (berkala). Karena dampak/pengaruh negatif dari globalisasi ini jika dibiarkan secara terus menerus maka sama saja akan memutarbalikkan keadaan bahkan membuat keadaan (kehidupan masyarakat) Indonesia semakin terpuruk. Kesenjangan dan ketimpangan akan terjadi dan akan terus terjadi, baik antar wilayah, maupun kedudukan sosial di Indonesia.



SUMBER : 

http://firyalekaagustya.blogspot.co.id/2013/05/pengaruh-globalisasi-pada-perekonomian.html


Sabtu, 17 Oktober 2015

PEREKONOMIAN GLOBAL

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran. Ilmu masalah ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Permasalahan itu kemudian menyebabkan timbulnya kelangkaan.

Kata ekonomi sendiri berasal dari kata Yunani ( oikos ) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan ( nomos ) , atau “peraturan, aturan, hukum,” dan secara garis besar diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga”. Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang yang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

Globalisasi ekonomi dapat didefinisikan sebagai suatu kehidupan ekonomi secara global dan terbuka, tanpa mengenal batasan teritorial atau kewilayahan antara negara satu sama lain. Sisi kegiatan investasi perdagangan dan bergerak menuju liberalisasi perdagangan dan investasi dunia secara keseluruhan.
Globalisasi ekonomi erat kaitannya dengan perdagangan bebas.Free trade atau perdagangan bebas berusaha menciptakan kawasan perdagangan yang makin luas dan menghilangkan hambatan-hambatan tidak lancarnya perdagangan internasional.

Pengertian globalisasi ekonomi merupakan suatu proses aktivitas ekonomi dan perdagangan, dimana berbagai negara di seluruh dunia menjadi kekuatan pasar yang satu dan semakin terintegrasi tanpa hambatan atau batasan teritorial negara. Globalisasi perekonomian ini berarti adanya keharusan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus barang, jasa serta modal.
Perwujudan nyata terjadinya globalisasi ekonomi menurut Tanri Abeng, terjadi dalam bentuk-bentuk sebagai berikut:

1.      Globalisasi produksi. Dalam hal ini, perusahaan berproduksi di berbagai Negara dengan tujuan agar biaya produksi jadi lebih rendah. Upaya ini dilakukan baik karena rendahnya upah buruh, tarif bea masuk murah, infrastruktur memadai ataupun karena adanya iklim usaha dan politik yang mendukung atau kondusif. Dunia dalam kondisi ini menjadi lokasi manufaktur global.

2.      Globalisasi pembiayaan. Perusahaan global dalam hal ini mempunyai akses untuk mendapatkan pinjaman atau melakukan kegiatan investasi (baik dalam bentuk portofolio maupun langsung) di seluruh negara di dunia. Contohnya, PT. Telkom dalam upaya memperbanyak satuan sambungan telepon, atau PT. Jasa Marga dalam usahanya memperluas jaringan jalan tol telah menggunakan sistem pembiayaan dengan pola build- operate-transfer (BOT) bersama mitra usaha dari mancanegara.

3.      Globalisasi tenaga kerja. Hadirnya tenaga kerja asing adalah gejala terjadinya globalisasi di bidang tenaga kerja. Perusahaan global dalam kondisi ini akan mampu memanfaatkan tenaga kerja dari seluruh dunia sesuai tingkatannya, misalnya penggunaan staf profesional dari tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman internasional atau pemanfaatan buruh kasar yang umumnya diperoleh dari negara-negara berkembang.
4.      Globalisasi jaringan informasi. Bentuk globalisasi jaringan informasi dapat dilihat pada masyarakat suatu negara dimana dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi dari berbagai negara di dunia dengan majunya teknologi, diantaranya melalui: Radio, TV, media cetak, dan lain-lain. Jaringan komunikasi yang makin maju membantu meluasnya pasar ke penjuru dunia untuk produk yang sama. Contohnya: Celana jeans levi's, KFC, atau hamburger yang telah melanda pasar di seluruh dunia. Sehingga berakibat pada selera masyarakat negara-negara di dunia, yang ada di kota maupun di desa menuju selera global.

5.      Globalisasi Perdagangan. Di bidang perdangan, globalisasi terwujud dalam bentuk penyeragaman dan penurunan tarif serta penghapusan hambatan-hambatan non tarif. Sehingga kegiatan perdagangan dan persaingan menjadi makin ketat, cepat dan fair
.
Dampak Positif & Negatif Globalisasi Ekonomi 

Dampak Globalisasi Ekonomi dapat dibagi menjadi dampak positif dan negatif.

Dampak positif globalisasi ekonomi adalah :

Meningkatnya produksi global. Melalui spesialisasi dan perdagangan, maka faktor-faktor produksi dunia dapat digunakan lebih efesien, output dunia kian bertambah dan masyarakat akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk pendapatan yang meningkat, yang pada gilirannya dapat berakipat pada meningkatnya pembelanjaan dan tabungan.

Meningkatnya kemakmuran pada suatu Negara. Perdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat berbagai negara lebih banyak mengimpor barang dari luar negeri. Ini menyebabkan konsumen mempunyai lebih banyak pilihan barang. Selain itu, konsumen dapat menikmati barang dengan harga yang lebih rendah dan lebih baik.

Meluasnya pasar produk domestik. Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara mendapatkan pasar jauh lebih luas disbanding pasar dalam negeri.

Memperoleh lebih banyak modal serta tingkat teknologi yang lebih baik. Modal yang dapat diperoleh dari investasi asing dan terutama dinikmati negara-negara berkembang akibat kekurangan modal dan tenaga terdidik serta tenaga ahli berpengalaman.
Menyediakan dana tambahan bagi pembangunan di bidang ekonomi. Pembangunan di berbagai sektor lainnya bukan hanya dikembangkan perusahaan asing, namun terutama investasi dari perusahaan swasta domestik. Perusahaan ini kerap memerlukan modal dari bank atau pasar saham. Dana luar negeri terutama dari negara maju yang masuk pasar uang dan pasar modal dalam negeri membantu penyediaan modal yang dibutuhkan.

Sementara dampak negatif yang ditimbulkan akibat globalisasi ekonomi diantaranya: 

Menghambat pertumbuhan di sektor industri. Globalisasi ekonomi menyebabkan negara-negara berkembang tidak bias lagi memakai tarif tinggi untuk memproteksi industri yang baru berkembang (infant industry). Sehingga, perdagangan luar negeri yang cukup bebas menimbulkan hambatan bagi negara berkembang dalam memajukan sektor industry. Selain itu, semakin meningkatnya ketergantungan pada industri-industri yang dimiliki perusahaan multinasional

Memperburuk neraca pembayaran. Globalisasi ekonomi cenderung menaikkan barang-barang impor. Sebaliknya, jika suatu negara tidak mampu bersaing, maka ekspor tidak akan berkembang. Kondisi ini dapat saja memperburuk neraca pembayaran. Efek buruk lain terhadap neraca pembayaran yakni pembayaran neto pendapatan untuk faktor produksi dari luar negeri cenderung mengakibatkan defisit. Bertambah banyaknya investasi asing menyebabkan arus pembayaran keuntungan (pendapatan) dari investasi ke luar negeri akan makin meningkat.

Sektor keuangan semakin tidak stabil. Arus investasi (modal) portofolio yang semakin besar menjadi salah satu efek dari globalisasi. Investasi dalam hal ini terutama meliputi partisipasi dana dari luar negeri ke pasar saham. Di saat pasar saham mengalami peningkatan, dana ini akan mengalir masuk, neraca pembayaran bertambah baik dan nilai uang akan bertambah baik. Dan sebaliknya, di saat harga-harga saham menurun, dana dalam negeri akan mengalir ke luar negeri, neraca pembayaran cenderung menjadi makin buruk serta nilai mata uang dalam negeri merosot. Ketidakstabilan di sektor keuangan ini dapat menimbulkan efek buruk kepada kestabilan kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

Memperburuk prospek pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Apabila hal-hal yang dinyatakan di atas berlaku dalam suatu negara, maka dlam jangka pendek pertumbuhan ekonominya menjadi tidak stabil. Dalam jangka panjang pertumbuhan yang seperti ini akan mengurangi lajunya pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional dan kesempatan kerja akan semakin lambat pertumbuhannya dan masalah pengangguran tidak dapat diatasi atau malah semakin memburuk.

Demikian pengertian globalisasi ekonomi serta dampak positif dan  negatif yang ditimbulkannya.

SUMBER :
https://bondengnice.wordpress.com/2013/04/29/perekonomian-global/

http://tipsserbaserbi.blogspot.co.id/2014/05/pengertian-globalisasi-ekonomi-dan.html

Jumat, 09 Oktober 2015

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI


Teknologi bagi Kehidupan Manusia

1. Perkembangan Teknologi Menurut Para Ahli

Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dulu memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi, Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah. Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca indera, dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara.
Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

2. Pengertian teknologi secara umum

proses yang meningkatkan nilai tambah
produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. Sebagai contoh dapat dikemukakan pendapat pakar teknologi dunia terhadap pengembangan teknologi.
Menurut B.J. Habiebie (1983: 14) ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu 1) pesawat terbang, (2) maritim dan perkapalan, (3) alat transportasi, (4) elektronika dan komunikasi, (5) energi, (6) rekayasa , (7) alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan (8) pertahanan dan keamanan.

3. Dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi internet

Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet :

Dampak Positif
a) Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
b) Media pertukaran data dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
c) Media untuk mencari informasi atau data perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
d) Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga kita tahu apa saja yang terjadi.
e) Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain.
f) Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dampak Negatif
a) Pornografi anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.
b) Penipuan hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
c) Bisa membuat seseorang kecanduan terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut. Jadi internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu, namun semestinya harus ada batasan-batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya.

4. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya Beberapa penerapan dari 

Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain :
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis
Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seirng perkembangan zaman. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari Makalah Teknologi Informasi dan Komunikasi sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih.


Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.



Jumat, 02 Oktober 2015

Kebudayaan Indonesia

Pengertian Kebudayaan

Kata kebudayaan berasal dari kata budh dalam bahasa Sansekerta yang berarti akal, kemudian menjadi kata budhi (tunggal) atau budhaya (majemuk), sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil pemikiran atau akal manusia. Ada pendapat yang mengatakan bahwa kebudayaan berasal dari kata budi dan daya. Budi adalah akal yang merupakan unsure rohani dalam kebudayaan, sedangkan daya berarti perbuatan atau ikhtiar sebagai unsure jasmani sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiar manusia.

Kebudayaan=cultuur (bahasa belanda)=culture (bahasa inggris)=tsaqafah (bahasa arab), berasal dari perkataan latin : “colere” yang artinya mengolah, mengerjakan, menyuburkan dan mengembangkan, terutama mengolah tanah atau bertani. Dari segi arti ini berkembanglah arti culture sebagai “segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam”.

Dalam disiplin ilmu antropologi budaya, kebudayaan dan budaya itu diartikan sama (Koentjaraningrat, 1980:195). Namun dalam IBD dibedakan antara budaya dan kebudayaan, karena IBD berbicara tentang dunia idea tau nilai, bukan hasil fisiknya. Secara sederhana pengertian kebudayaan dan budaya dalam IBD mengacu pada pengertian sebagai berikut :

Kebudayaan dalam arti luas, adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Kebudayaan dalam arti sempit dapat disebut dengan istilah budaya atau sering disebut kultur yang mengandung pengertian keseluruhan sistem gagasan dan tindakan.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa kebudayaan adalah hasil buah budi manusia untuk mencapai kesempurnaan hidup. Hasil buah budi (budaya) manusia itu dapat kita bagi menjadi 2 macam :

Kebudayaan material (lahir), yaitu kebudayaan yang berwujud kebendaan, misalnya : rumah, gedung, alat-alat senjata, mesin-mesin, pakaian dan sebagainya.
Kebudayaan immaterial (spiritual=batin), yaitu : kebudayaan, adat istiadat, bahasa, ilmu pengetahuan dan sebagainya.

Berikut merupakan contoh seni

Budaya Adu Domba Garut



Seni adu domba Garut merupakan atraksi wisata yang biasa di saksikan pada acara tertentu khususnya pada bulan Juni, Agustus dan Desember di Desa Ngamplang, Cangkuang dan Ranca Bango Kabupaten Garut. Acara pertarungan domba Garut biasanya diiringi dengan berbagai atraksi musik kesenian tradisional yang menggunakan sound system besar dan dihadiri oleh masyarakat pecinta ketangkasan adu domba Garut dari berbagai lapisan masyarakat dan penjuru daerah di luar Garut.

Menurut cerita, sejarah domba Garut berawal dari masa pemerintahan Bupati Suryakanta Legawa sekitar tahun 1815-1829, beliau sering berkunjung ke teman satu perguruannya bernama Haji Saleh yang mempunyai banyak domba. Salah satu domba yang dipunyainya (si Lenjang) diminta oleh bupati untuk dikawinkan dengan domba yang ada di Pendopo kabupten yang bernama si Dewa. Si Toblo, yang merupakan anak dari si Dewa dan si Lenjang beranak-pinak dan menghasilkan keturunan domba Garut sampai saat sekarang.
Domba Garut mempunyai karakteristik yang khas dari domba-domba yang ada di daerah luar Garut . Fisik yang kekar dengan berat sekitar 60-80 Kg, tanduk baplang, warna bulu kebanyakan putih dan telinga ngagiri. menjadi salah satu cirri dominan dari domba-domba yang ada.  Perkembangan selanjutnya dari pemeliharaan domba garut mengarah pada dua sasaran utama, yaitu sebagai penghasil daging dan untuk kesenangan atau hobi.

Setiap event adu domba selalu dipadati oleh penonton. Kegiatan ini juga memiliki gengsi yang cukup tinggi karena banyak tokoh-tokoh sunda yang juga merupakan penggemar sekaligus  pemiliknya, seperti Kang Ibing, Dll.
Hadiah yang diperebutkan juga tidak sembarangan, sebuah mobil atau motor adalah hal yang sudah biasa. Ini tidaklah mengherankan karena harga seekor domba adu bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Seperti halnya pertandingan tinju, ajang ini juga dilengkapi oleh juri penilai, wasit dan pelatih domba yang ikut menari jaipongan setiap kali dombanya beraksi. Biasanya setiap pertandingan dibagi ke dalam dua ronde, dan masing-masing ronde terdiri dari sepuluh kali tumbukan kepala. Adu ketangkasan ini juga dibagi ke dalam kelas-kelas yang berbeda berdasarkan bobot domba petarung.

Ajang adu domba juga sering kali diselingi oleh atraksi pencak silat, juga musik tradisional. Ini menjadikan kegiatan sangat meriah dan menarik. Sayangnya peomosi yang masih bersifat internal di kalangan penggemar domba, menjadikan atraksi yang memiliki nilai wisata ini belum bisa menarik wisatawan asing dan mendatangkan devisa bagi daerah

Adu domba merupakan salah satu kesenian khas rakyat Jawa Barat yang cukup digemari, terutama di kalangan tradisional masyarakat priangan.

Kesenian ini merupakan peninggalan leluhur yang masih bertahan eksistensinya hingga saat ini sebagai seni dan hiburan yang murah meriah.

Adu domba pada dasarnya merupakan ajang pamer ketangkasan hewan ternak yang pada akhirnya akan menaikan gengsi suatu perkumpulan ternak tertentu, dimana para pesertanya ialah peternak-peternak domba yang tersebar hampir di seluruh jawa barat, terutama daerah garut, sumedang, bandung, majalengka dan lainnya.


sumber :
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/disc-det.php?id=8&lang=id
http://hendrabmw.blogspot.co.id/2012/01/domba-garut.html

Selasa, 29 September 2015

AUTOBIOGRAFI

Nama   :  Muhammad Mulyana
Kelas    : 2ka39
Npm     : 17114419


Assalamu’alaikum wr. Wb. Nama saya Muhammad Mulyana, teman-teman kampus atau teman sekolah dulu biasa memanggil mulyana tetapi teman-teman dirumah biasa memanggil iyan, dengan sebutan yang berbeda mungkin agak aneh bagi orang yang baru kenal. Bapak saya bernama Eman, bapak berasal dari daerah garut jawa barat dan Ibu saya bernama pujiyati yang berasal dari daerah purworjo jawa tengah. Saya anak pertama dari 3 bersaudara, 2 adik saya laki-laki. Saya lahir di kota Jakarta, pada tanggal 16 Maret 1996 dimasa kecil saya tinggal di kapung jembatan, orang-orang biasa menyebutkannya kamjet, kamjet berada di Jakarta timur dan saya dibesarkan oleh kedua orang tua saya, tepatnya di Kecamatan Bintara, Bekasi Barat, Bekasi.
Saya dilahirkan dari keluarga yang sederhana, bapak saya seorang karyawan swasta, sedangkan ibu saya seorang ibu rumah tangga. Dengan memiliki saya sebagai anak pertama, di masa kecil saya amat bahagia tentunya, perhatian, kasih sayang dan waktu menjadi sangat amat berarti. Alhamdulillah 4 tahun berlalu kebahagian keluarga saya bertambah atas kelahiran putra kedua dimasa itulah saya mendapatkan gelar kaka, saya sangat senang ketika adik bermain dengan saya tentunya, adik saya yang kedua ini sangat nakal, dia sering nakal kepada teman-teman, sebagai kakaknya sayapun sering menjadi korban kenakalannya, walupun adik saya nakal saya tetap sayang dan membantunya bila merasa kesulitan ada adik saya yang pertama ini bernama ridwan ardiansyah, adik sangat senang bermain air dan bermain sepeda, dan 7 tahun berikutnya lahirlah putra ketiga dari orang tuaku. Kami menjadi 3 laki-laki bersaudara, adikku yang ini bernama miftah farid, adik ku yang satu ini cengeng,  dia hanya sering bermain didalam rumah saja bersama ibu, adik yang ini sangat suka bermain mobil-mobilan, tak jarang bapak  membelikan mainan, Kedua orang tua kami mendidik kami dengan baik dan penuh kasih sayang tanpa adanya pilih kasih dan itu merupakan sudah cukup bagi kami. Saya bangga akan pengorbanannya dan saya sangat saying dengan mereka. Karena tanpa mereka kami tidak akan pernah tahu seperti apa bentuk dunia ini, tidak akan tahu seperti apa cinta dan kasih sayang darinya, dan tidak akan pernah merasakan yang namanya hidup bahagia.
Hobi saya memancing dan naik kereta, saya gemar memancing dikarnakan waktu saya kecil sering diajak bapak untuk memancing bersama teman-teman ayah, terlebih lagi saya bermain disekitar empang bersama teman-teman, teman-teman saya ternyata lebih mahir dalam memancing, terlihat dari banyaknya tangkapan ikannya, teman ku yang sangat mahir memancing bernama fadli, saya dan fadli seperti saudara, dia sangat baik kepada ku, aku pun sebaliknya. Aku sangat senang bila memancing bersama teman-temanku, tingkah mereka sangat konyol,  saya sering  tertawa hingga terbahak-bahak, banyak orang bilang memancing merupakan kegiatan yang membosankan, nora, dan lainnya yang dianggap negative. Padahal memancing terdapat banyak manfaatnya, seperti mengilangkan stress, meningkatkan konsentrasi dan sebagainya. Senang rasanya memancing dengan teman-teman terlebih lagi bila mendapatkan banyak ikan, dan menyantap hasil memancing. Saya suka ikan bakar. Pengalaman lain dimasa kecil saya, saya sangat senang memelihara binatang, saya memelihara 2 ekor kelinci. Kelinci itu saya beri nama pating dan patong, mungkin nama yang aneh bagi kalian, tetapi itulah nama yang cocok untuk kelinci lincah saya, kelinci saya bila keluar dari kandang sangat cepat larinya, kewalahan bila hanya sendiri menangkapnya, tapi kelinci kesayangan saya mati ketika sudah berumur 5 tahun, belum sempat saya memamerkannya kepada adik. Hobi saya yang lainnya adalah naik kereta, saya suka naik kereta karena rumah saya berada deket dengan stasiun, saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk melihat kereta lewat, kereta yang sangat saya sukai adalah kereta eksekutif, sering saya untuk mengajak bapak ataupun ibu untuk naik kereta listrik atupun diesel, berangkat dari stasiun kampung jembatan ke kota dan berbalik lagi dari kota ke kampung jembatan, pengalaman menarik saat naik kereta adalah duduk dibangku masinis, saya mendapat kesempatan untuk membunyikan klakson kereta, sangat senang rasanya berada dikabin masinis, seperti membawa mainan besar, saya bercita-cita ingin menjadi masinis dikala itu.
 Keluarga kami termasuk keluarga yang lumayan ta’at beribadah, dari kecil saya sudah diajarkan bapak untuk selalu melaksanakan sholat lima waktu. Waktu kecil setiap azan datang bapak selalu mengajak saya untuk melaksanakan sholat lima waktu berjamaah dimasjid karena bapak bilang jika menunaikan sholat berjamaah dimasjid pahala yg diterima lebih banyak dari pada dirumah. Saya sering berangkat kemasjid bersama bapak pada waktu subuh magrib dan isya, saya  Ketika usia saya memasuki 6 tahun orang tua saya memasukkan saya ke  pengajian atau MDA agar saya lebih memahami dan mendalami ilmu agama. Disana saya diajarkan mengenal huruf-huruf hijaiyah dan diajarkan membaca al-Qur’an. Untuk pemula tentu sangat sulit jika lansung membaca Al-Qur’an, maka dari itu sebelumnya guru saya mengajar menggunakan iqrak. Sangat sulit membaca iqrak bila hanya sekali saja, saya sering diajarkan ibu membaca untuk melancarkan bacaan iqrak, ibu saya tidak hanya mengajarkan bacaan iqrak saja, ibu juga mengajarkan saya banyak hal, seperti membaca menghitung juga menulis, sangat senang bila diajarkan ibu, ibu saya adalah orang yang sangat sabar dan tekun, saya termasuk anak yang pemberani. Dikatakan pemberani karna ketika pengajian tidak diantar mau pun dijemput oleh ibu.
Masih berusia 6 tahun saya memasuki taman kanak-kanak didaerah bekasi, taman kanak-kanak al-hikmah. Taman kanak-kanak yang saya masuki termasuk elite karna fasilitas sarana dan prasarana lebih dari cukup. Letak taman kanak-kanak ini jauh dari rumah, sehinngga saya difasilitasi antar jemput mobil taman kanak-kanak. Banyak pengalaman yang masih saya ingat di masa taman kanak-kanak. Saya pernah mengikuti lomba kemerdekaan, semua  lomba saya ikuti, saya juara lomba kelereng, mendapatkan juara ke 1,saya termasuk anak yang pemalu, sehingga tak banyak teman kanak-kanak yang saya ingat. Teman-teman saya sangat nakal dan jail Menurut saya taman kanak-kanak merupakan tempat yang paling mengasikan, karena ditempat ini saya belum dibatasi oleh peraturan dan segala bentuk kewajiban.
Setelah saya menginjak 7 tahun menduduki bangku SD, saat itu saya bersekolah di SDN Kotabaru IV selama 6 tahun. Selama disana saya mendapatkan peringkat diantara 10 besar. Di bangku SD inilah saya mendapatkan banyak teman dan sahabat. Ketika di kelas 6 Saya pernah mengikuti lomba cerdas cermat  namun masih antar sekolah dan kelas kota baru IV dan X saja, sayang saya hanya menempati juara ke 3 bersama rekan 2saya. Rekan saya yang pertama adalah rani perumpuan dengan rambut keriting, rani sering dipanggil petet oleh teman-teman sekalas saya, dan rekan saya yang kedua bernama sella , dia juga perempuan,  sella sering dipanggil mata 4 karna dia mengenakan kaca mata. Hadiah yang diterima juara 3 adalah sebuah piagam dan seragam SMP yaitu putih biru. Pengalaman menarik semasa kelas  6 SD, saya dan teman-teman membuat geng. Geng itu membuat kami makin dikenal oleh para guru dan siswa kelas lain. Geng itu bermula hanya untuk penamaaan club sepak bola SD kami, hingga pada akhirnya menjadi penamaan geng kami. Nama geng kami adalah Bastard. Nama geng kami juga mempuyai slogan yaitu daboribo, yang mempuyai arti damai boleh ribut boleh, mungkin untuk kebanyakan orang anak SD saja sudah senakal  itu bagaimana nanti dewasa,saya dan teman-teman berharap dengan pembuatan geng ini silaturahmi diantara kami terus berjalan hingga nanti, canda tawa bersama teman-teman geng, hampir setiap hari kami bermain bersama, tidak ada kata bosan ketika itu bersama teman, dari sini saya belajar mengeluarkan pendapat atau pun suara  banyak karna diantara teman geng yang lain sayalah anak yang paling diam dan penakut geng kami terdiri anggota kelas kami saja yaitu anak laki-lakinya saja. Pengalaman paling menarik ketika perpisahaan sekolah, saya menjadi paduan suara untuk acara pelepasan kelas 6 dan yang paling menarik geng yang dianggap paling nakal dan sangar disekolah pecah ketika salaman terakhir diakhir acara perpisahan, saya, teman-teman, guru-guru dan staf semua merasa akan kehilangan teman-teman yang paling mengerti selama 6 tahun, teman yang biasa jajan bersama, belajar bersama, dan  dihukum bersama, akan meninggalkan kebiasaan itu.
Pada tahun 2006 akhirnya saya lulus dan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, pada tahun tersebu saya memilih untuk melanjutkan ke SMPN 14 bekasi, dimasa inilah saya mencoba untuk hal-hal yang baru. Saya mendapatkan teman dari berbagai asal sekolah SD, namun kebanyakan teman-teman baru saya berasal dari SD bintara, hanya saya dan teman saya yang bernama gotri sebut saja nama samaran yang berasal dari SDN KOTA BARU IV, saya dan gotri selalu pergi dan pulang bersama, kami menggunakan sepeda untuk ke sekolah, namun sayang saya dan gotri tidak sekelas, dikelas 7.2 saya duduk sementara gotri kelas 7.6. pelajaran yang sangat saya sukai adalah pelajaran bahasa sunda dan pelajaran ilmu pengetahuan sosial, ada pelajaran bahasa sunda karna saya bersekolah didaerah jawa barat, tidak jarang saya mendapatkan nilai yang memuaskan ketika pelajaran bahasa sunda ini, mengerti bahasa sunda tidak sulit, karna bapak saya sering berbicara bahasa sunda dirumah yang membuat saya menjadi tebiasa,dan saya senang pelajaran ilmu pengetahuan sosial karena ilmu social ini yang mempelajari sejarah bangsa Indonesia, Negara luar dan bentuk isi luar dalam bumi, guru sosial yang mengajar di kelas bernama pa rosamsi, naik kekelas 8 saya mendapatkan kelas 8.2, dikelas ini saya mulai mendapatkan teman yang banyak. Saya dikelas termasuk anak yang pendiam , dari sinilah saya berkenalan dengan banyak teman laki-laki dan  akrab bersama teman perempuan, teman saya yang paling ingat adalah pingkan, dia adalah perempuan yang sering membantu saya jika ada pr, dia selalu menuliskan pr untuk saya, beranjak kekelas 9, saya menempati kelas 9.2 entah mengapa saya selalu di 2, disini pun kelas diacak dan saya mendapatkan teman-teman yang mempuyai sifat dan prilaku yang beragam. Guru walikelas kelas 9.2 adalah bu yani.  Bu yani adalah guru ips dikelas 8.2, saya bertemu lagi dan diajarkan lagi oleh beliau, pengalaman yang menarik semasa kelas 9 ketika saya ditunjuk sebagai ketua kelas olehnya, walikelas saya adalah seseorang yang sangat penyabar dan baik hati, kelas saya adalah kelas yang sangat menarik, dimasa kelas 9 ini banyak teman-teman yang mengalami suka, suka disini adalah seseorang menyukai orang lain dan menjali hubungan yang dinamakan pacaran, saya banyak mendengar banyak teman saya yang pacaran, saya sendiri pun ikut merasakan yang namanya menyukai seseorang dimasa itu, seseorang yang saya sukai itu bernama rahma, perempuan yang lugu berambut panjang dimasa itu, rahma adalah teman sekelas saya dikelas 2, namun terpisah karna kelas acak, teman-teman dimasa smp sangat banyak sekali, 3 tahun telah berlalu sampailah ke tanggal yang sangat membuat hati berdebar-debar yaitu hari dimana diumumkan hasil ujian nasional, saya sangat cemas menggu hasil ujian nasional saya , lulus adalah hasil kerja keras menempuh pendidikan disekolah menengah pertama ini.  saya belajar banyak hal dimasa smp.
Saya sangat bingung untuk menentukan jenjang berikutnya, apakah saya harus masuk sekolah menengah akhir atau sekolah menengah kejuruan, akhirnya saya memutuskan dengan sangat amat yakin untuk memilih sekolah menengah akhir, saya masuk disekolah KH. Sodri yaitu SMK Dinamika Pembangunan 1 jakarta. Disekolah menengah kejuruan saya masuk di kujuruaan teknik komputer jaringan atau yang biasa disingkat dengan TKJ. Hari pertama masuk di smk saya melewati masa ospek, teman-teman dismk ini rata-rata adalah laki-laki, teman-teman ospek kelas saya sangat lucu, menarik dan bersahabat, setelah 2hari diospek sampailah dihari terakhir, senang rasanya berada dikelas ospek ini, karena saya mendapatkan teman-teman yang lucu, menarik dan bersahabat. Hari pertama masuk sekolah saya menduduki kelas TKJ 1, tentunya kelas ospek dan yang baru ini berbeda, saya berkenalan dengan teman-teman baru, baru masuk 1 hari saya mendapatkan teman yang sedikit berbeda, bisa dibilang dia kaka kelas saya, teman-teman yang lain pun bertanya-tanya mengapa ia masuk di kelas 10 lagi, ia pindah jurusan ungkapnya, sebut saja om nama akrabnya, om banyak cerita tentang dirinya kepada teman-teman, terutama saya, arab, dan oden, kami pun menjadi sahabat,  disekolah SMK saya belajar hal-hal mengenai computer dan jaringan, hal baru yang sangat menarik bagi saya, saya belajar cara mengistal computer merakit dikala itu, satu tahun pun berlalu tiba saatnya untuk melanjutkan ke kelas 11, dikelas 11 saya berkenalan dengan teman-teman baru lagi, dikelas baru saya sering bersama teman saya di kelas 10 , arab nama akrabnya, arab adalah teman yang sering bersama saya, bukan hanya dikelas tetapi kemana pun pergi selalu bersama, di SMK kelas 11 ada program pembelajaran yang namanya praktek kerja lapangan biasa disingkat PKL, yaitu suatu kompetensi untuk menambah keahlian sesuai dengan jurusan, saya melakukan prakerin di Pt Schneider Electrik Indonesia, saya melakukan praktek kerja lapangan dibagian IT , sangat senang rasanya bisa mendapatkan PKL sesuai dengan jurusan,saya PKL bersama arab sahabat saya, hari pertama PKL saya sakit, karna suhu suarangan yang sangat dingin, entah kenapa saya tidak kuat bila suhu tertalu dingin. Belajar dari mentor atau mentor saya yang bernama sularto, saya dibekali tata cara menjadi seorang IT dikantor, pa sularto sangat baik hati, tidak segan-segan dia membagikan ilmu dan tipsnya ketika saya menjadi anggota dari tim IT, pengalaman yang sangat menarik ketika saya di pt adaalah ketika saya mendapatkan kesempatan untuk mengganti server mingguan di ruangan server, baru pertama kalinya saya memasuki ruangan server itu, sungguh pengalaman yang sangat bermanfaat. Tak jarang saya pun membantu karyawan lain ketika mendapatkan kesulitan untuk mengupdate software-software baru perusahaan, instalasi komputer baru dan masih banyak yang lainnya, Tak disangka waktu PKL pun akan berakhir, tetapi pa sularto manambah masa saya untuk pkl yaitu sekitar 3 bulan lagi. Pengalaman dimasa PKL ini sangat menarik untuk saya karna tidak semua orang bisa mendapatkan pengalaman seperti saya ini. Selepas masa pkl selesai saya masuk sekolah seperti biasanya, namun banyak pelajaran yang saya lewatkan ketika PKL. Namun beruntunglah saya masih naik kekelas 12.

Kelas 12 adalah jenjang terakhir di SMK, entah mengapa saya selalu bersama arab, arab dan saya selalu sekelas dari kelas 10,11, hingga 12. banyak cerita tentang teman-teman baru dikelas 12 ini. Saya merasa waktu berlalu begitu cepat ,sampai akhirnya saya lulus dari jenjang smk ini, saya bingung melanjutkannya kemana, dunia kerja atau perkuliahan, namun bapak saya ingin saya terus menimba ilmu, karna kurangnya informasi saya tidak dapat berkuliah dikampus yang saya inginkan. Akhirnya terpilihlah universitas gunadarma, saya awalnya cukup terkejut dengan dunia perkuliahan, karna saya disibukkan dengan tugas-tugas yang cukup banyak dari dosen, tapi saya tidak putus semangat. Hingga sampai pada akhirnya pengumuman bahwa ipk sudah keluar, ipk saya 3. Saya cukup bangga dengan ipk saya ini. Pada semester 2 saya merasa khawatir dengan penurunan IPK saya. Dengan melihat nilai teman – teman sekelas saya yang lumayan bagus, saya memotivasi diri saya untuk lebih giat lagi belajar untuk memperoleh nilai terbaik di wisuda nanti.